Stasiun Klimatologi Pondok Betung

Jl. Raya Kodam Bintaro No. 82 Jakarta Selatan 12070
Telp.: (021) 7353018 Fax : (021) 7355262 Tromol Pos : 7019/Jks KL
Email : staklim.pondok.betung@gmail.com

Jendela Informasi Meteorologi, Klimatologi dan Kualitas Udara.! Disajikan secara aktual untuk menunjang aktivitas Anda di berbagai sektor.

Climate Outlook


Berikut adalah ulasan mengenai Iklim Bulan Yang Akan Datang :

CLIMATE OUTLOOK APRIL 2018

Pada bulan Maret 2018 posisi semu matahari berada di wilayah sekitar ekuator. Saat ini diprakirakan suhu hangat perairan muka laut akan mulai terkonsentrasi diwilayah utara ekuator. Dengan demikian suhu muka laut seharusnya akan menghangat di wilayah tersebut dan menghasilkan uap air dalam terbentuknya hujan yang ada disekitarnya, untuk wilayah selatan ekuator masih akan mulai mengalami penurunan suhu muka laut dan berakibat pada berkurangnya intensitas awan-awan hujan diwilayah tersebut. Kondisi peningkatan suhu muka laut diwilayah selatan akan memiliki implikasi terhadap munculnya berbagai vortek (gangguan) berupa pusat tekanan udara rendah diwilayah sekitar perairan utara ekuator.

Berikut adalah berbagai indeks prakiraan kondisi yang menguraikan keadaan dinamika atmosfer sebagai bahan pertimbangan kondisi untuk bulan April 2018, sebagai berikut :

  1. Anomali Suhu Muka Laut (SST) :

Anomali suhu muka laut terbagi menjadi tiga wilayah, untuk wilayah Samudera Hindia diprakirakan memiliki anomali yang positif (Netral), wilayah perairan Indonesia mengalami anomali yang umumnya akan negatif, dan wilayah perairan Pasifik terdapat anomali yang negatif (Lanina Lemah).

  1. SOI (Southern Oscillation Indeks) dan Nino 3.4 :

Melihat prakiraan anomali suhu muka laut diatas, maka pada wilayah pasifik akan konstan berada pada posisi netral kondisi suhu muka lautnya. Diprakirakan nilai SOI pada bulan Maret 2018 masih mengalami nilai pada kisaran sedikit positif. Nilai indeks Nino 3.4 masih masih bernilai negatif dan diprakirakan akan cenderung memiliki trend yang konstan bernilai negatif selama bulan Maret 2018, Hal tersebut mengindikasikan tidak adanya penambahan/pengurangan pasokan uap air  ke wilayah Indonesia.

  1. IOD (Indeks Ocean Dipole) :

Nilai dari IOD diprakirakan akan berada pada kondisi positif (Netral) sehingga tidak mempengaruhi pada pengurangan pasokan uap air untuk wilayah Indonesia bagian barat.

Mengingat kondisi dinamika atmosfer di atas, maka diprakirakan wilayah Indonesia, khususnya wilayah Banten dan DKI Jakarta, pada bulan April 2018, khususnya yang dipengaruhi oleh kondisi musim (wilayah ZOM) umumnya mulai beralih dari kondisi musim hujan menuju musim kemarau. Prospek Cuaca pada bulan April 2018 untuk wilayah DKI Jakarta dan Banten diprakirakan didominasi berawan dan masih berpotensi hujan ringan-sedang. Waspada terhadap hujan yang dapat disertai potensi Petir dan Angin Kencang.

 

Informasi :

Hubungi Kami melalu YM! :
Triyogo Amberkahi : Ambar
Tonny Satria : Tonny Satria
Tri Nurmayati : Tri Nurmayati
Kusairi : Kusairi
Yanuar HP : Yanuar HP
Darman Mardanis : Darman Mardanis